3 orang mahasiswa JPWK yakni Boni Kasih Napitupilu, Umi Nutriandini, dan Ilman Naafi’aa telah mengikuti EDMAT 35 di University of Malaya, Malaysia.

EDMAT (Engineering Development, Motivation, and Awareness Training ) adalah training yang diselenggarakan oleh University of Malaya setiap tahun yang bertujuan untuk mengembangkan potensi – potensi mahasiswa fakultas teknik se-Asia Pasifik agar dapat berperan aktif dalam lingkungan universitas maupun masyarakat saat sudah lulus nanti. Dan dalam 3 tahun terakhir beberapa mahasiswa JPWK Undip telah lolos seleksi dan terpilih mengikuti kegiatan ini.

EDMAT 35 tahun 2013 dilaksanakan selama 7 hari ( 3 -12 juli 2013 ), kegiatannya meliputi : pelatihan analisis potensi diri, Cara memposisikan diri saat interview pekerjaan, Sifat dari dalam diri sendiri, Green Building, dan masih banyak lagi. Selain itu juga kunjungan / Educational visit ke beberapa perusahaan di Malaysia seperti : Indah Water Konsorsium di Putra Jaya, Top Glove, dan Panasonic.

Menurut 3 wakil dari JPWK ini, banyak hal yang bisa diambil dari kegiatan EDMAT 35 tersebut, diantaranya mengkomparasi dan mengambil nilai plus dari system pendidikan, system pengelolaan universitas dan lingkungan sekitarnya, serta tata kota dan wilayah Kuala Lumpur yang sangat berbeda dengan Indonesia, terutama Semarang

Seputar seleksi EDMAT 35

Proses seleksi EDMAT terbuka secara umum untuk semua mahasiswa di semua jurusan di Fakultas Teknik Undip untuk angkatan 2009, 2010, dan 2011. Syarat yang ditetapkan oleh panitia antara lain TOEFL minimal 450, membuat CV pribadi, dan memuat sertifikat – sertifikat tentang kegiatan atau kepanitiaan yang pernah diikuti. Seleksi EDMAT 35 dilaksanakan pada tanggal 11 dan 12 Juni 2013 di lantai 3 Gedung dekanat Fakultas Teknik UNDIP dan meliputi empat tahapan.

Tahap pertama : Tes Minat, bakat, dan seni.

Dalam tahap ini, setiap peserta dituntut untuk menampilkan bakat yang mereka punya, seperti menari, menyanyi, membaca puisi, dan sebagainya.

Tahap kedua : administrasi

Dalam tahap ini, tim penilai akan menilai berkas – berkas yang telah dikumpulkan, seperti CV, sertifikat, bukti – bukti pernah mengikuti pelatihan, atau lomba – lomba yang bisa menjadi pertimbangan dalam menyeleksi mahasiswa.

Tahap ketiga : Uji Bahasa Inggris.

Dalam tahap ini, peserta akan diwawancarai oleh dewan juri dalam bahasa inggris, hal ini untuk menilai tingkat kemampuan berbahasa inggris calon peserta, mengingat kegiatan EDMAT 35 menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

tahap keempat : motivasi.

Tim juri bertanya seputar alasan dan motivasi mengikuti EDMAT, serta inovasi apa yang dapat diberikan dalam pengembangan UNDIP menuju research university