DKI Jakarta, memiliki jutaan potensi yang harus dipertahankan, dilestarikan, dan dikembangkan. Namun, seiring berjalannya waktu, pesatnya urbanisasi, modernisasi, dan industrialisasi yang semakin tidak dapat dikendalikan di Ibu Kota, terus menimbulkan masalah di berbagai bidang yang tak kunjung selesai. Kemacetan pun menjadi masalah besar yang sudah mengakar dan sulit teratasi hingga saat ini. Milyaran rupiah sudah terbuang sia-sia sebagai ganti rugi kemacetan, jutaan liter bensin kendaraan menguap di jalanan karena macet, serta polusi terjadi dimana-mana menimbulkan ketidaknyamanan.

Dari kondisi itu, 3 mahasiswa Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Undip yang terdiri atas Zulfika Satria Kusharsanto, Ikfi Maryama Ulfa, dan Aninda Sarahkinanti tergerak untuk mengikuti sayembara berupa ide jangka pendek untuk mengatasi kemacetan Tol Dalam Kota Jakarta yang diselenggarakan oleh PT Jasa Marga bulan April 2013 lalu. Sayembara berhadiah total Rp 100 juta tersebut diikuti oleh 1.016 peserta dari seluruh kalangan warga Indonesia , mulai anak-anak, ibu-ibu, mahasiswa, akademisi, pengamat, pelajar, dan dosen. Tim PWK Undip ini berhasil memasuki 10 besar nominator proposal potensial, dan akan melakukan seleksi Tahap II berupa presentasi ide secara langsung di hadapan juri yang akan dilaksanakan pada Selasa, 28 Mei di TMII Jakarta.

Ide inovatif yang mereka usung untuk solusi kemacetan di tol dalam kota Jakarta ini berupa perpaduan sistem car sharing dan transit hub yang sudah banyak dilakukan di negara-negara maju dan cukup efektif untuk mengurangi kemacetan akibat tingginya volume kendaraan pribadi. Namun, ide yang diusulkan tetap disesuaikan dengan kondisi dan karakteristik  yang ada di Indonesia.

Berita terkait :

http://jasamarga.com/pengumuman/item/568-daftar-nama-nominator-seleksi-tahap-ii-penilaian-proposal-dan-penentuan-kandidat-proposal-potensial-solusi-kemacetan-tol-dalam-kota-pt-jasa-marga-persero-tbk-tahun-2013

http://finance.detik.com/read/2013/04/29/155753/2233179/4/1000-orang-ikut-sayembara-anti-macet-jasa-marga-berhadiah-rp-100-juta

http://oto.detik.com/read/2013/04/29/161801/2233217/1209/jasa-marga-siap-umumkan-pemenang-sayembara-antimacet