Program beasiswa Commitment berawal dari inisiatif alumni Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota Undip Angkatan 2003 (commuter 2003) untuk membantu biaya pendidikan adik-adik kelas di Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota UNDIP. Inisiatif baik ini kemudian diikuti oleh beberapa donatur, baik dari alumni PWK semua angkatan (1992-2011) dan donatur diluar alumni PWK.

Melalui gerakan minimal 1 hari seribu rupiah, program ini ternyata berhasil mengumpulkan sejumlah donasi yang cukup besar. Bertujuan untuk untuk membantu mahasiswa berprestasi dan atau mahasiswa yang kurang beruntung secara ekonomi namun berprestasi, program ini fokus pada pemberian bantuan mahasiswa dalam penyusunan Tugas Akhir.

Pendaftar beasiswa Commitment pada tahun 2016 sebanyak 23 mahasiswa,  10 diantaranya lolos hingga tahap wawancara. Berdasarkan keseluruhan tahap seleksi, terpilih 5 mahasiswa yang mendapatkan beasiswa Commitment masing-masing sebesar @Rp. 4.500.000,- dan 1 mahasiswa mendapatkan beasiswa prestasi (best paper) Commitment sebesar Rp. 2.000.000,-.

Kami masih menerima donator dari alumni, dosen dan pihak manapun, dan untuk mahasiswa angkatan 2013 Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, bersiaplah untuk Commitment 2017 mendatang. Silahkan mengunjungi web kami di http://commuterinitiative.org/ untuk keterangan lebih lanjut.  

Semoga ini menjadi awal yang baik dalam mendukung langkah kami untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Planologi!!! Jaya!!!…Jayalah Planologi.