Dalam rangka memperingati Hari Agraria dan Tata Ruang (HANTARU) pada tanggal 8 Oktober tahun 2022, Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang Provinsi (DINAS PUSDATARU) Jawa Tengah mengadakan kerjasama dengan Diponegoro City Action (DIPOCITION) Universitas Diponegoro. Dalam kerjasama tersebut, telah sukses diselenggarakan acara berupa seminar HANTARU. Selain itu juga telah terlaksana dua jenis perlombaan yang terdiri dari lomba karya tulis ilmiah (LOKASI) dan short movie. Acara seminar HANTARU membawakan tema “Regionalisasi wilayah Provinsi Jawa Tengah untuk keberlanjutan tata ruang yang aman, nyaman dan produktif”. Acara ini dilaksanakan pada hari Rabu, 26 Oktober 2022 dan berlokasi di Hotel Grand Candi Semarang. Seminar HANTARU dihadiri oleh banyak peserta yang terdiri dari FPR Provinsi Jawa Tengah, Instansi Provinsi Jawa tengah, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah, Universitas dengan Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota di Provinsi Jawa Tengah, dan juri LOKASI dan short movie.
Adapun untuk perlombaan LOKASI dan short movie keduanya telah sukses dilaksanakan dan diikuti oleh berbagai peserta yang berasal dari mahasiswa perguruan tinggi dan siswa SMA/ sederajat di seluruh Indonesia. LOKASI terdiri dari tiga tahap penjurian, yakni seleksi abstrak, seleksi full paper, dan grand final. Tahap grand final dilaksanakan secara luring di gedung DINAS PUSDATARU Provinsi Jawa tengah pada tanggal 20 Oktober 2022 lalu. Pada tahap ini setiap tim mempresentasikan hasil karyanya ke hadapan juri dan diakhiri dengan sesi tanya jawab. Dari puluhan pendaftar, sebanyak enam tim yang lolos ke tahap grand final keluar sebagai juara. Adapun urutan juara LOKASI yakni sebagai berikut:

1. Juara I : Tim Planorama, Universitas Diponegoro;
2. Juara II : Tim Archipelago, Universitas Gadjah Mada;
3. Juara III : Tim Rachita Akusara, Universitas Gadjah Mada;
4. Juara Harapan I : Tim RAJA Brawijaya, Universitas Brawijaya;
5. Juara Harapan II : Tim Nalakota, Universitas Amikom Yogyakarta; dan
6. Juara Harapan III : Tim PWK USK, Universitas Syah Kuala.
Sementara untuk lomba short movie, setelah setiap tim mengirimkan hasil karyanya, short movie akan dinilai oleh juri. Berikut merupakan urutan juara lomba short movie:
1. Juara I : Tim Kawan Production, SKMN 1 Purwodadi;
2. Juara II : Tim Ibbas Production, SMAIT Ibnu Abbas;
3. Juara III : Tim Broxinema, SMKN 6 Surakarta;
4. Juara Harapan I : Tim Nayaka XXI, SMAN 11 Purworejo;
5. Juara Harapan II : Tim Lembah Hijau Film Karya II, SMK Peternakan Lembah Hijau Batang; dan
6. Juara Harapan III : Tim Wong Mumet, SMAN 1 Kartasura.