beritaKKN (Kuliah Kerja Nyata) merupakan suatu bentuk kegiatan yang memadukan dharma pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam suatu kegiatan dan sebagai proses pembelajaran bagi mahasiswa. Salah satu lokasi KKN PPM tahun 2013/2014 adalah Desa Kalibanger, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung. Desa Kalibanger memiliki potensi kebun kopi yang sangat melimpah. Hampir 70% penduduk di Desa Kalibanger bekerja sebagai petani kopi. Hal lain yang mendukung, Desa Kalibanger memiliki kelompok-kelompok masyarakat yang peduli akan pengembangan ekonomi lokal di wilayah tersebut.

Namun demikian, karena keterbatasan pengetahuan dan ketrampilan mereka tidak bisa membuat suatu rencana tindak secara kolektif mengolah kopi menjadi barang yang memiliki nilai jual dan memasarkan produk mereka. Untuk membantu mereka, Mahasiswa Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota Undip Rezky Arief Ramadhan mampu menerapkan metode perencanaan partisipatif dengan teknik meta plan dalam membantu masyarakat mengidentifikasi masalah dan potensi desa menyusun rencana tindak dan menjalankannya secara bersama.

Potensi dan permasalahan yang ada di tulis dalam sebuah kertas kecil kemudian distrukturkan. Kelebihan metode ini adalah setiap individu dalam suatu kelompok dapat memberikan pendapat terkait dengan potensi dan permasalahan yang ada di kelompok mereka. Selain itu, potensi dan permasalahan yang ada dapat digali lebih dalam. Setelah melakukan identifikasi masalah dengan menggunakan metode metaplan ini, langkah selanjutnya adalah setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.

Berdasarkan penjelasan diatas, lesson learned  dalam kegitan KKN ini adalah bahwa praktek perencanaan dengan menggunakan metode metaplan untuk mengidentifikasi potensi dan masalah di kelompok IKM kopi kalibanger dapat diterapkan di masyarakat /workable. Hal ini dapat pula di lihat dari respon KWT dalam memahami potensi dan permasalahan di kelompok mereka. Mereka (KWT) menjadi lebih memahami apa yang menjadi potensi dan  permasalahan yang ada di kelompok mereka. Sehingga mereka (KWT) mengetahui konsep/strategi apa yang tepat untuk meningkatkan kesejahteraan kelompoknya secara khusus dan kesejahteraan masyarakat Desa Kalibanger secara umum.