Bertempat di Departemen PWK UNDIP Gedung B Lantai 2, Program Studi Doktor Perencanaan Wilayah dan Kota, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro diresmikan pada hari Rabu, 16 Agustus 2023. Dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Dekan Fakultas Teknik UNDIP , mendampingi juga pengelola Departemen PWK baik S1 dan S2 (Kaprodi dan Sekprodi), sesepuh dan pendiri PWK UNDIP, tenaga pengajar, serta tenaga kependidikan.

Serangkaian acara diawali dengan sambutan oleh Ketua Departemen PWK UNDIP Prof. Wiwandari Handayani dan resmi dibuka oleh Dekan FT UNDIP Prof. Muhammad Agung Wibowo dilanjutkan dengan pemotongan pita dan tumpeng yang diserahkan kepada sesepuh salah satu pendiri PWK UNDIP Prof. Sugiono Soetomo. Tumpeng melambangkan rasa syukur Departemen PWK UNDIP karena pada tahun 2023 telah resmi membuka program S3 PWK.

Harapan terbesar dari Departemen PWK bahwa dengan dibukanya program Doktor, PWK UNDIP dapat berkontribusi pada pengembangan ilmu dan peningkatan kualitas SDM yang berkualitas di bidang Perencanaan Wilayah dan Kota baik pada level lokal, regional, nasional, dan global.