Jenesys 2.0 (Japan-East Asia Network of Exchange for Students and Youths) adalah program kerjasama regional di Asean Committee and Science and Technology (ASEAN COST). Pada dasarnya program ini memfasilitasi pertukaran pemuda antara Jepang dan negara-negara ASEAN & Oceania. Program ini merupakan program kerjasama antara Ristek, Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia, dan JICE. Jenesys 2.0 telah masuk batch ke-8 dimana kali ini pelaksanaan mengangkat tema “Urban Engineering and City Planning”. Program ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa di seluruh Indonesia baik program S1 dan S2 yang terkait bidang penataan kota untuk melakukan kunjungan ke Jepang selama 9 hari yaitu Tanggal 21-29 April 2014 mendatang.

Dengan waktu pendaftaran yang dirasa cukup singkat (6 hari waktu pendaftaran), terkumpul 886 pendaftar dari berbagai Perguruan Tinggi yang kemudian tersaring menjadi 96 peserta terpilih yang akan diberangkatkan Ke Jepang secara gratis (full funded). Diantara 96 peserta tersebut, terpilih 11 mahasiswa UNDIP dimana 5 diantaranya berasal dari Jurusan PWK dan MPWK yaitu Imam Wahyudi, Novia Riska Kumalasari, Zulfika Satria Kusharsanto (JPWK 2009/MPWK 2013), I Wayan Indrabayu Pandi Putra (MPWK 2012), dan Septa Yudha Ardiansyah (JPWK 2010). Para peserta terpilih ini nantinya akan menjalani sejumlah kegiatan mulai dari FGD (Focus Group Discussion), kunjungan ke berbagai lokasi (tempat bersejarah, perusahaan, dan lembaga pemerintahan), homestay di rumah penduduk Jepang, hingga pemaparan kegiatan. Harapannya, melalui berbagai kegiatan tersebut para peserta dapat mempelajari berbagai nilai lebih yang dimiliki oleh Jepang mulai dari penataan kotanya hingga nilai dan budaya setempat.

Semoga melalui program Jenesys 2.0 ini, 5 mahasiswa Jurusan PWK UNDIP yang terpilih nantinya dapat menggali banyak impresi dan pembelajaran dari kegiatan yang dilakukan. Selamat dan semoga sukses acaranya!

Berita Terkait:
http://www.ristek.go.id/?module=File&frame=Pengumuman/2014/jenesys/umum_jenesys.html