Departemen PWK Undip terlibat dalam kegiatan Forum Diskusi Kabupaten/Kota Kreatif yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf yang direpresentasikan oleh Dr.Ing Santy Paulla Dewi sebagai Narasumber. Forum Diskusi Kabupaten/Kota Kreatif ini merupakan rangkaian dari kegiatan “Semarak Jejakk” Kreatif Indonesia Perkuat Jejaring Kabupaten/Kota Kreatif Tanah Air yang diselenggarakan pada tanggal 19-21 Mei 2023 secara hybrid berlokasi di Kawasan Kota lama Semarang serta daring melalui siaran live streaming dan zoom meeting.
Pengembangan ekonomi kreatif merupakan salah satu upaya untuk mencapai SDGs khususnya tujuan ke delapan, yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi. Upaya ini membutuhkan keterlibatan dari berbagai stakeholder sehingga jejaring antar Kabupaten/Kota menjadi kuat. Hal ini yang melatarbelakangi kegiatan Semarak Jejakk. Penyelenggaraan Semarak Jejakk Kreatif ini merupakan salah satu upaya Kemenparekref untuk mengaktivasi atau mereaktivasi kabupaten dan kota kreatif di Indonesia, sehingga para pelaku ekonomi kreatif mendapatkan ruang gerak dan tempat untuk mempresentasikan diri.
Forum diskusi ini melibatkan berbagai pihak dari akademisi, organisasi masyarakat, media direpresentasikan oleh Suara Merdeka, serta swasta yang diwakili oleh Kamar Dagang dan Industri Kota Semarang sebagai perwujudan penta helix dalam pengembangan pariwisata. Pembahasan dalam diskusi ini antara lain mengenai bagaimana peran akademisi, organisasi masyarakat, media, dan swasta/industri dalam mendukung pengembangan ekonomi kreatif. Selain itu juga dibahas mengenai hambatan – hambatan yang dihadapi dalam mendukung pengembangan ekonomi kreatif sesuai dengan bidang masing-masing, hingga Ide/gagasan dalam pengembangan ekonomi kreatif.