Pada Selasa, 27 Oktober 2020 lalu, Dr. Anita Ratnasari Rakhmatulloh selaku ketua Pengabdian Masyarakat dari DPWK melakukan sosialisasi secara online dengan judul : Sosialisasi Penggunaan Kendaraan Online di Era New Normal pada Siswa SMP Al-Azhar 14 Semarang.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi dengan terus meningkatnya kasus Covid-19 dan kurangnya kesadaran masyarakat dalam mematuhi protokol kesehatan di Kota Semarang. Berdasarkan data yang didapatkan dari Dinas Perhubungan Kota Semarang tahun 2018, sebanyak lebih dari 60% penumpang transportasi online seperti Gojek dan Grab merupakan penduduk usia muda yang berstatus sebagai pelajar. Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi juga menyatakan bahwa kaum muda yang mencakup pelajar dan mahasiswa merupakan kelompok usia terbanyak yang melanggar protokol kesehatan di Kota Semarang saat ini. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penduduk usia muda seperti pelajar masih membutuhkan sebuah edukasi untuk membuka wawasan dan kemauan dalam mematuhi protokol kesehatan yang ada khususnya di transportasi umum.

Adapun metode yang digunakan dalam kegiatan sosialisasi yaitu sosialisasi interaktif dengan penyampaian materi dan melakukan simulasi yang menarik kepada perserta didik (metode Tell Them, Ask Them, dan Show Them) melalui aplikasi zoom.

Pengabdian Masyarakat

Proses pelaksaan diawali dengan menyebarkan google form kepada siswa untuk menjaring aspirasi dan pengetahuan awal mengenai norma-norma yang harus dipatuhi dalam menggunakan moda transportasi umum di Era New Normal. Hasil pengisian google form diakumulasikan atau dikumpulkan sebagai dasar dalam pembuatan materi sosialisasi sesuai dengan batasan pemahaman pelajar SMP Al-Azhar 14 Kota Semarang.

Kegiatan sosialisasi diikuti oleh 157 orang yang terdiri dari seluruh anggota tim pengabdian, civitas akademika dan siswa SMP Al-Azhar 14 yang terletak di Kelurahan Pedalangan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Kegiatan sosialisasi dilakukan kurang lebih selama kurun waktu 1 jam dari pukul 09.00 ā€“ 10.00 WIB yang dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama yaitu paparan power point selama 45 menit oleh ketua tim pengabdian terkait sistem protokol kesehatan dan norma-norma yang harus dipatuhi dalam menggunakan kendaraan umum seperti kendaraan online di Era New Normal dan dilanjutkan dengan sesi kedua yaitu tanya jawab. Kegiatan sosialisasi diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa SMP Al-Azhar terkait protokol kesehatan yang harus diterapkan pada moda transportasi umum seperti kendaraan online sehingga dapat membantu meminimalisir penyebaran Covid-19 di Kota Semarang.